Friday, December 1, 2017

Jenis-jenis Program Pengolah Kata Beserta Fungsinya

Jenis-jenis Program Pengolah Kata Beserta Fungsinya

Hai sahabat blogger, kali ini saya akan membahas beberapa materi mengenai jenis² pengolah kata dan fungsi-fungsinya.
Perangkat lunak (software) komputer


Perangkat lunak komputer dibagi menjadi beberapa bagian:
1. Sistem operasi
2. Perangkat lunak aplikasi
3. Bahasa pemrograman
4. Program Bantu

Perangkat lunak komputer adalah program komputer yang berfungsi sebagai sarana interaksi antara pengguna dengan perangkat keras atau sebagai penerjemah perintah-perintah yang dijalankan pengguna komputer untuk diteruskan atau diproses oleh perangkat keras.

1. Sistem operasi
Adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web. Sistem operasi pada lapisan pertamanya ditempatkan pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software lainnya dijalankan setelah sistem operasi berjalan.

Contohnya:
Microsoft windows
Unix
MacOs

2. Perangkat Lunak Aplikasi
Adalah software yang dirancang khusus untuk kebutuhan kebutuhan tertentu. Perangkat lunak terus mengalami perkembangan. Dalam beberapa komputer, ada beberapa program aplikasi yang digabung menjadi satu paket yang disebut suite aplikasi.
Contohnya microsoft office dan open office.

Jenis-jenis Perangkat Lunak Aplikasi

A. Word processing: untuk menciptakan dokumen, membuat surat, misalnya word dan abiword.
B. Spreadsheet: pengolah data dalam bentuk kumpulan sel, yang memungkinkan perhitungan secara dinamis, contohnya microsoft excel.
C. Dekstop publishing: menangani pembuatan surat kabar, buku dan iklan, contohnya CorelDraw.
D. Presentasi grafis: untuk membuat bahan bahan presentasi dalam bentuk transparan atau membuat diktat dan sekaligus sebagai alat untuk presentasi, contohnya power point.
E. Komunikasi: untuk melakukan komunikasi antar pemakai secara ekonomis, mengirim dan menerima surat epektronik, contohnya microsoft outlook dan opera.

3. Bahasa Pemrograman
Adalah teknik komunikasi yang dilakukan oleh manusia untuk memberikan intruksi kepada komputer.

Ada 3 tingkatan bahasa pemrograman:
• Bahasa tingkat rendah
Bahasa yang hanya dimengerti oleh mesin atau disebut assembler.
• Bahasa tingkat menengah
Bahasa yang hampir menghampiri bahasa sehari-hari tapi menggunakan bahasa inggris lalu identik dengan singkatan.
• Bahasa tingkat tinggi
Bahasa pemrograman tingkat tinggi adalah sebuah bahasa pemrograman yang jika dibandingkan dengan bahasa pemrograman tingkat rendah memiliki sifat lebih mudah digunakan, lebih portabel antar-platform, dan lebih abstrak.

4. Program Bantu
Program bantu (Ultility) adalah software yang dirancang untuk membantu dalam kegiatan yang berhubungan dengan komputer, misalnya, memformat disket, mengkompres file, dan lain-lain.
Sekian dari saya semoga bermanfaat, terima kasih.

Wednesday, November 22, 2017

Contoh Soal Dan Jawaban Pemrograman Web

Contoh Soal Dan Jawaban Pemrograman Web

Materi : WEB dan HTML
Baca :

- Materi Web
- Materi Html
Soal:
1. Kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks, gambar, suara, video atau gabungan semuanya disebut ....
a. Html
b. Web
c. Http
d. Www
e. Browser
2. Yang membuat www (world wide web) bernama ....
a. French, c.s
b. Fletcher
c. John Markoff
d. Berners-Lee
e. John Smith
3. Teknologi web generasi pertama yang merupakan revolusi baru di dunia internet karena telah mengubah cara kerja dunia industri dan media merupakan pengertian dari ....
a. Web 1.0
b. Web 2.0
c. Web 3.0
d. Web 4.0
e. Web 0.0
4. Istilah Web 2.0 pertama kali di perkenalkan oleh ....
a. John Markoff
b. French c.s
c. John Smith
d. Reilly Media
e. Berners-Lee
5. Protokol yang digunakan untuk mentransfer data atau dokumen dari web server ke browser disebut ....
a. Web
b. Html
c. Http
d. Www
e. Php
6. Ciri utama dari html adalah ....
a. Adanya Tag dan Body
b. Adanya Tag dan Head
c. Adanya Tag dan Elemen
d. Adanya Body dan Head
e. Adanya Head dan Elemen
7. Fungsi dari elemen head adalah ....
a. Menentukan bagaimana isi suatu dokumen ditampilkan
b. Menentukan bagaimana dokumen di buat
c. Menentukan bagaimana dokumen di mulai
d. Memberikan informasi tentang bagaimana dokumen di letakkan
e. Memberikan informasi tentang dokumen
8. Dibawah ini merupakan bahasa pemrograman, kecuali ....
a. Html
b. Http
c. Php
d. Javascript
e. C++
9. Awal dokumen html ditandai dengan adanya tag ....
a. <head>
b. <body>
c. <html>
d. <title>
e. </html>
10. Tag yang terletak pada bagian paling atas browser disebut ....
a. <head>
b. <body>
c. <html>
d. <title>
e. </html>
Sekian dari saya, tunggu update soal berikutnya terima kasih ....
Contoh Soal Dan Jawaban Rancang Bangun Jaringan (2)

Contoh Soal Dan Jawaban Rancang Bangun Jaringan (2)

Materi : Topologi Jaringan


Soal:

1. Ada berapa macam jenis topologi jaringan ....
a. 2
b. 3
c. 4
d. 5
e. 6

2. Yang termasuk jenis topologi jaringan dibawah ini adalah, kecuali ....
a. Topologi Bus
b. Topologi Star
c. Topologi Switch
d. Topologi Ring
e. Topologi Tree

3. Dibawah ini merupakan kerugian atau kekurangan dari topologi bus, kecuali ....
a. Deteksi dan isolasi kesalahan sangat kecil
b. Kepadatan lalu lintas
c. Bila salah satu client rusak, maka jaringan tidak bisa berfungsi
d. Diperlukan repeater untuk jarak jauh
e. Hemat kabel

4. Topologi yang berbentuk lingkaran biasa disebut dengan topologi ....
a. Bus
b. Ring
c. Star
d. Mesh
e. Tree

5. Topologi yang paling fleksibel tapi memerlukan banyak kabel (boros kabel) merupakan topologi ....
a. Bus
b. Ring
c. Star
d. Mesh
e. Tree

6. Extended Star merupakan pengembangan dari topologi ....
a. Star
b. Ring
c. Bus
d. Mesh
e. Tree

7. Topologi yang digunakan pada kondisi dimana tidak ada hubungan komunikasi terputus secara absolute antar node komputer merupakan topologi ....
a. Bus
b. Ring
c. Star
d. Mesh
e. Tree

8. Dibuat similar dengan extended star, tetapi sistem di link ke sebuah komputer yang mengontrol traffic dalam topologi disebut ....
a. TokenRing
b. Hierarcial
c. Peer to peer
d. Extended Star
e. Mesh

9. Keuntungan dari Topologi Star adalah ....
a. Paling fleksibel
b. Kontrol terpusat
c. Kemudahan deteksi dan isolasi kesalahan
d. Kemudahan pengelolaan jaringan
e. Semua benar

10. Jaringan komputer yang terdiri dari beberapa komputer yang sistem jaringannya yang diutamakan adalah penggunaan program, data dan printer secara bersama-sama disebut ....
a. TokenRing
b. Hierarcial
c. Peer to peer
d. Extended Star
e. Mesh


Sekian, tunggu update soal berikutnya ya.....semoga bermanfaat.

Friday, November 17, 2017

Contoh Soal Dan Jawaban Komunikasi Data (3)

Contoh Soal Dan Jawaban Komunikasi Data (3)

Materi : Hardware jaringan komputer
Soal ...
1. Tujuan dari hardware jaringan komputer adalah ....
a. Untuk menghubungkan komputer
b. Agar dapat berkomunikasi
c. Memudahkan pekerjaan
d. Berbagi data, informasi, dan peralatan lainnya
e. Berbagi file
2. Dibawah ini termasuk Jenis hardware jaringan komputer, kecuali ....
a. Nic (Network interface card)
b. Hub/Switch
c. Repeater
d. Bridge
e. Monitor
3. Hub/Switch memiliki jumlah lubang port Rj-45 sebanyak ....
a. 4 Buah dan 8 Buah
b. 4 Buah, 8 buah, 16 buah dan 24 buah
c. 16 buah dan 24 buah
d. 16 buah, 24 buah dan 32 buah
e. 24 buah dan 32 buah
4. Fungsi utama Repeater adalah ....
a. Memperkuat Sinyal
b. Alat penghubung antar komputer
c. Menghubungkan jaringan
d. Menyaring paket data
e. Untuk menghubungkan komputer dengan peralatan lainnya
5. Dibawah ini merupakan kemampuan dari Router, kecuali ....
a. Dapat menterjemahkan informasi dari LAN dan internet
b. Mengatur jalur sinyal secara efisien
c. Dapat memperkuat jaringan
d. Dapat mengatur aliran data diantara topologi jaringan linear Bus dan Star
e. Dapat mengatur aliran data melewati kabel fiber optic, coaxial atau twisted pair
6. Terdapat dua macam Konektor RJ yaitu ....
a. RJ-11 dan RJ-12
b. RJ-11 dan RJ-25
c. RJ-11 dan RJ-45
d. RJ-12 dan RJ-55
e. RJ-12 dan RJ-25
7. Kabel UTP memiliki 2 jenis kabel yaitu ....
a. Straight dan Coaxial
b. Straight dan Cross Over
c. Cross dan Fiber Optik
d. Cross dan Coaxial
e. Cross dan Stp
8. Alat yang digunakan untuk menggabungkan teknologi bridge dan router adalah ....
a. Repeater
b. Gateway
c. Brouter
d. Multiplexer
e. Modem
9. Alat yang memungkinkan pengiriman dan penerimaan beberapa pesan secara serentak adalah ....
a. Repeater
b. Gateway
c. Brouter
d. Multiplexer
e. Modem
10. Kabel yang memiliki inti serat kaca adalah ....
a. Kabel UTP
b. Kabel STP
c. Kabel Coaxial
d. Kabel Cross Over
e. Kabel Fiber Optik

Baca : Soal Komunikasi Data 1

Sekian dari saya semoga bermanfaat.
Pengertian Majas Dan Jenis-Jenis Majas

Pengertian Majas Dan Jenis-Jenis Majas

- Pengertian Majas

Menurut kamus besar bahasa indonesia (KBBI), Majas adalah cara melukiskan sesuatu dengan jalan menyamakannya dengan sesuatu yang lain. Sedangkan menurut Prof. Dr. H. G. Tarigan, majas adalah cara mengunkapkan pikiran melalui bahasa secara khas yang memperlibatkan jiwa dan kepribadian penulis. Unsur kebahasaan antara lain pilihan kata, frasa, klausa, dan kalimat.

Majas dapat dikelompokkan menjadi lima, antara lain:

- Majas sindiran
- Majas Penegasan
- Majas pertautan
- Majas pertentangan
- Majas perbandingan

a. Majas Sindiran

1. Ironi

Ironi adalah majas sindiran berupa kata-kata yang bertentangan dengan yang dimaksud.

2. Sinisme

Sinisme merupakan majas sindiran yang lebih kasar daripada ironi.

3. Sarkasme

Sarkasme adalah majas sindiran yang sangat kasar, tak layak diucapkan, tidak sopan, menyakitkan telinga.

b. Majas Penegasan

1. Pleonasme

Pleonasme adalah majas yang menambahkan keterangan atau kata yang sudah jelas sehingga terkesan berlebihan.

2. Repetisi

Repetisi adalah majas yang mengulang-ulang kata dalam kalimat untuk menegaskan maksud.

3. Pararelisme

Pararelisme merupakan majas yang menggunakan kata-kata secara berulang-ulang. Jika yang diulang kata diawal kalimat dinamakan anafora sedangkan jika di akhir kalimat dinamakan epifora.

4. Tautologi

Tautologi adalah majas yang mengulang suatu hal agar maknanya lebih mendalam. Majas tautologi biasanya menggunakan kata yang bersinonim.

5. Klimaks

Klimaks merupakan majas yang menyatakan beberapa hal secara berturut-turut, makin lama makin meningkat (naik).

6. Antiklimaks

Antiklimaks merupakan majas yang menyatakan beberapa hal secara berturut-turut, makin lama makin menurun (lemah).

7. Koreksio

Majas koreksio dipakai untuk menarik perhatian dengan cara meralat kesalahan yang sebenarnya disengaja.

8. Preterito

Majas preterito digunakan untuk menarik perhatian dengan menyembunyikan sesuatu yang seolah-olah dirahasiakan.

9. Enumerasio

Enumerasio adalah majas dimana setiap keadaan atau suasana dilukiskan secara terpisah-pisah agar keadaan lebih terang, bergerak, dan hidup.

10. Ekslamasio

Ekslamasio adalah majas yang menggunakan kata seru sebagai penegas.

11. Asindenton

Asindenton adalah majas yang menyebutkan beberapa hal secara berturut-turut tanpa menggunakan kata penghubung.

12. Polisindenton

Polisindenton adalah majas yang mempergunakan banyak kata penghubung dalam sebuah kalimat.

c. Majas Pertautan

1. Alusio

Alusio merupakan majas yang menggunakan kata yang berkaitan dengan peristiwa umum yang terjadi atau menggunakan peribahasa yang telah umum dan diperkirakan semua orang telah memahami maknanya sehingga tidak perlu disesali.

2. Metonimia

Metonimia adalah majas yang menggunakan kata yang berkaitan dengan hal-hal pembuat atau merek dagang sebuah benda.

3. Pars pro toto

Pars pro toto adalah majas yang menyebutkan suatu maksud dengan menyebut sebagian untuk keseluruhan.

4. Totem pra parte

Totem pra parte adalah majas yang menyebutkan sesuatu maksud dengan menyebut keseluruhan untuk sebagian.

5. Eufemisme

Eufemisme adalah majas yang menggunakan kata yang berkaitan dengan kesopanan atau kata-kata pantang.

6. Antonomasia

Antonomasia adalah majas yang menyatakan sesuatu hal menjadi pengganti yang diterangkan/dijulukkan.

d. Majas Pertentangan

1. Hiperbola

Hiperbola adalah majas yang menyatakan hal dengan cara berlebih-lebihan.

2. Litotes

Litotes adalah majas yang mengungkapkan suatu maksud secara berlawanan untuk merendahkan diri atau menghormati agar terasa lebih sopan.

3. Oksimoron

Oksimoron adalah majas yang mengungkapkan dua maksud yang berlawanan didalam sebuah kalimat.

4. Kontradiksi intermesis

Kontradiksi intermesis merupakan majas yang menujukkan adanya pertentangan dengan apa yang telah disebuy sebelumnya.

5. Antitesis

Antitesis adalah majas yang menggunakan paduan kata yang berlawanan agar orang memperhatikan kedua bagian yang dipertentangkan.

6. Paradoks

Paradoks merupakan majas yang seolah-olah mengandung pertentangan, tetapi sebenarnya tidak karena objek atau keadaan yang dipertentangkan memang berbeda.

7. Anakronisme

Anakronisme adalah majas yang menunjukkan adanya hal yang tidak mungkin terjadi mengingat perkembangan sejarah ( menyatakan sesuatu yang tidak sesuai dengan zamannya).

e. Majas Perbandingan

1. Asosiasi/perumpamaan

Adalah majas yang memberikan perbandingan terhadap suatu hal yang sudah disebutkan dengan menggunakan kata pembanding, yaitu seperti, bagaikan, laksana, baik.

2. Simile

Adalah majas yang membandingkan dua hal yang hakikatnya berbeda, tetapi dianggap sama dengan menggunakan kata perbandingan secara eksplisit.

3. Metafora

Metafora adalah majas yang membandingkan dua hal karena kesamaan sifat.

4. Alegori

Alegori adalah majas yang memakai perbandingan langsung atau utuh, keduanya bertautan langsung.

5. Personifikasi

Adalah majas yang memberikan perbandingan dengan cara meletakkan sifat-sifat insan (orang) pada benda mati.

6. Tropen

Tropen merupakan majas yang menggunakan kata-kata kias secara tepat atau sejajar dengan sesuatu yang dimaksud.

Monday, November 13, 2017

Pengertian HTML Dan Struktur Dasar HTML

Pengertian HTML Dan Struktur Dasar HTML

Dunia informatika akan selalu bersifat dinamis, dalam artian akan selalu berkembang mengikuti jaman. Hal yang paling nampak adalah perkembangan internet. Saat ini semakin banyak bermunculan website-website di dunia maya. Sebagai pengguna tentunya kita sangat sering menggunakan website tersebut.

Ada banyak sekali program-program yang dapat digunakan untuk membuat website tersebut, contohnya : php, dreamwaver, joomla, dan lain lain. Namun dasar dari pemrograman tersebut tetaplah satu yakni HTML.

Pengertian HTML

HTML atau Hypertext Markup Language merupakan protokol yang digunakan untuk mentransfer data atau dokumen dari web server ke browser kita. Html dirancang untuk digunakan tanpa tergantung pada suatu platform tertentu. Dokumen HTML adalah suatu text biasa, dan disebut sebagai markup language karena mengandung tanda-tanda (tag) tertentu yang digunakan untuk menentukan tampilan suatu teks dan tingkat kepentingan dari teks tersebut dalam suatu dokumen. HTML inilah yang memungkinkan anda menjelajahi internet dan melihat halaman web yang menarik.

Pada dokumen HTML yang termasuk system hypertext, maka dari itu kita tidak harus membaca dokumen tersebut secara urut dari atas kebawah atau sebaliknya. Ciri utama HTML adalah adanya tag dan elemen. Elemen tersebut adalah HEAD yang berfungsi memberikan informasi tentang dokumen tersebut dan BODY yang berfungsi menentukan bagaimana isi suatu dokumen ditampilkan didalam browser.

Struktur Dasar HTML

HTML (Hypertext Markup Language) merupakan bahasa pemrograman yang digunakan dalam pembuatan halaman web. Dalam penggunaanya sebagian besar kode HTML tersebut harus terletak diantara tag kontainer. Yaitu diawali dengan <namatag> dan diakhiri dengan </namatag> terdapat tanda "/"). Berikut ini adalah kerangka dasar dokumen HTML yang merupakan aturan dari W3 Consortium.

<HTML>

<HEAD>bagian dari head</HEAD>

<BODY>bagian dari body</BODY>

</HTML>

Sebuah halaman web minimal mempunyai empat tag, yaitu :

<HTML>
Sebagai tanda awal dokumen Html.

<HEAD>
Sebagai informasi page header. Didalam tag ini kita bisa meletakkan tag-tag seperti Title, Base, Script, Style, Link dan Meta.

<TITLE>
Sebagai judul halaman. Kalimat yang terletak didalam tag ini akan muncul pada bagian paling atas browser.

<BODY>
Didalam tag ini bisa diletakkan berbagai page atribut seperti warna latar belakang, warna teks, warna link, warna visited link dan lain lain.

Sekian dari saya semoga bermanfaat.

Sunday, November 12, 2017

Pengertian Web dan Sejarah Web

Pengertian Web dan Sejarah Web

Hai sob, kali ini saya akan membahas tentang apa itu web dan sejarahnya. Mengapa saya bahas tentang ini, karena jangan sampai anda selalu mengakses internet tapi belum tau apa yang dipakai untuk mengaksesnya.

• Pengertian WEB

-Web Science

Web science merupakan salah satu penjabaran dari dua arti yang berbeda, yaitu web dan science. Website atau situs diartikan sebagai kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks, data gambar diam atau bergerak, animasi, suara, video atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink).

Science adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan sumber ilmu pengetahuan yang memberikan manfaat bagi kehidupan manusia dan seluruh isinya. Dengan kata lain, science itu sendiri merupakan kumpulan ilmu pasti yang memberikan makna tersendiri bagi yang mempelajarinya. Web science dapat disimpulkan yaitu segala sesuatu yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan yang diperoleh dari sumber yang akurat dan dapat diunduh dari dunia maya tanpa kita harus menuju ke sumber informasi yang ada. Sehingga memudahkan kita untuk memperoleh informasi.

• Sejarah WEB

- WEB 1.0

Merupakan teknologi web generasi pertama yang merupakan revolusi baru di dunia internet karena telah mengubah cara kerja dunia industri dan media. Pada dasarnya, website yang dibangun pada generasi pertama ini secara umum dikembangkan untuk pengaksesan informasi dan memiliki sifat yang sedikit interaktif.

- WEB 2.0

Istilah web 2.0 pertama kalinya diperkenalkan oleh Reilly Media pada tahun 2004 sebagai teknologi web generasi kedua yang mengedepankan kolaborasi dan sharing informasi secara online. Menurut Tim Reilly, web 2.0 dapat didefinisikan sebagai berikut : web 2.0 adalah revolusi bisnis di industri komputer yang disebabkan oleh penggunaan internet sebagai platform, dan merupakan suatu percobaan untuk memahami berbagai aturan untuk mencapai keberhasilan pada platform baru.

- WEB 3.0

Definisi untuk web 3.0 sangat beragam mulai dari pengaksesan broadband secara mobile sampai kepada layanan web berisikan perangkat lunak bersifat on-demand (Joh07). Namun, menurut John Markoff, web 3.0 adalah sekumpulan teknologi yang menawarkan cara baru yang efisien dalam membantu komputer mengorganisasi dan menarik kesimpulan dari data online.

Sekian dari saya semoga bermanfaat.