Jenis-jenis Program Pengolah Kata Beserta Fungsinya
Materi Tkj1. Sistem operasi
2. Perangkat lunak aplikasi
3. Bahasa pemrograman
4. Program Bantu
Microsoft windows
Unix
MacOs
Kumpulan Tutorial, Materi Dan Contoh Soal
- Pengertian Majas
Menurut kamus besar bahasa indonesia (KBBI), Majas adalah cara melukiskan sesuatu dengan jalan menyamakannya dengan sesuatu yang lain. Sedangkan menurut Prof. Dr. H. G. Tarigan, majas adalah cara mengunkapkan pikiran melalui bahasa secara khas yang memperlibatkan jiwa dan kepribadian penulis. Unsur kebahasaan antara lain pilihan kata, frasa, klausa, dan kalimat.
Majas dapat dikelompokkan menjadi lima, antara lain:
- Majas sindiran
- Majas Penegasan
- Majas pertautan
- Majas pertentangan
- Majas perbandingan
a. Majas Sindiran
1. Ironi
Ironi adalah majas sindiran berupa kata-kata yang bertentangan dengan yang dimaksud.
2. Sinisme
Sinisme merupakan majas sindiran yang lebih kasar daripada ironi.
3. Sarkasme
Sarkasme adalah majas sindiran yang sangat kasar, tak layak diucapkan, tidak sopan, menyakitkan telinga.
b. Majas Penegasan
1. Pleonasme
Pleonasme adalah majas yang menambahkan keterangan atau kata yang sudah jelas sehingga terkesan berlebihan.
2. Repetisi
Repetisi adalah majas yang mengulang-ulang kata dalam kalimat untuk menegaskan maksud.
3. Pararelisme
Pararelisme merupakan majas yang menggunakan kata-kata secara berulang-ulang. Jika yang diulang kata diawal kalimat dinamakan anafora sedangkan jika di akhir kalimat dinamakan epifora.
4. Tautologi
Tautologi adalah majas yang mengulang suatu hal agar maknanya lebih mendalam. Majas tautologi biasanya menggunakan kata yang bersinonim.
5. Klimaks
Klimaks merupakan majas yang menyatakan beberapa hal secara berturut-turut, makin lama makin meningkat (naik).
6. Antiklimaks
Antiklimaks merupakan majas yang menyatakan beberapa hal secara berturut-turut, makin lama makin menurun (lemah).
7. Koreksio
Majas koreksio dipakai untuk menarik perhatian dengan cara meralat kesalahan yang sebenarnya disengaja.
8. Preterito
Majas preterito digunakan untuk menarik perhatian dengan menyembunyikan sesuatu yang seolah-olah dirahasiakan.
9. Enumerasio
Enumerasio adalah majas dimana setiap keadaan atau suasana dilukiskan secara terpisah-pisah agar keadaan lebih terang, bergerak, dan hidup.
10. Ekslamasio
Ekslamasio adalah majas yang menggunakan kata seru sebagai penegas.
11. Asindenton
Asindenton adalah majas yang menyebutkan beberapa hal secara berturut-turut tanpa menggunakan kata penghubung.
12. Polisindenton
Polisindenton adalah majas yang mempergunakan banyak kata penghubung dalam sebuah kalimat.
c. Majas Pertautan
1. Alusio
Alusio merupakan majas yang menggunakan kata yang berkaitan dengan peristiwa umum yang terjadi atau menggunakan peribahasa yang telah umum dan diperkirakan semua orang telah memahami maknanya sehingga tidak perlu disesali.
2. Metonimia
Metonimia adalah majas yang menggunakan kata yang berkaitan dengan hal-hal pembuat atau merek dagang sebuah benda.
3. Pars pro toto
Pars pro toto adalah majas yang menyebutkan suatu maksud dengan menyebut sebagian untuk keseluruhan.
4. Totem pra parte
Totem pra parte adalah majas yang menyebutkan sesuatu maksud dengan menyebut keseluruhan untuk sebagian.
5. Eufemisme
Eufemisme adalah majas yang menggunakan kata yang berkaitan dengan kesopanan atau kata-kata pantang.
6. Antonomasia
Antonomasia adalah majas yang menyatakan sesuatu hal menjadi pengganti yang diterangkan/dijulukkan.
d. Majas Pertentangan
1. Hiperbola
Hiperbola adalah majas yang menyatakan hal dengan cara berlebih-lebihan.
2. Litotes
Litotes adalah majas yang mengungkapkan suatu maksud secara berlawanan untuk merendahkan diri atau menghormati agar terasa lebih sopan.
3. Oksimoron
Oksimoron adalah majas yang mengungkapkan dua maksud yang berlawanan didalam sebuah kalimat.
4. Kontradiksi intermesis
Kontradiksi intermesis merupakan majas yang menujukkan adanya pertentangan dengan apa yang telah disebuy sebelumnya.
5. Antitesis
Antitesis adalah majas yang menggunakan paduan kata yang berlawanan agar orang memperhatikan kedua bagian yang dipertentangkan.
6. Paradoks
Paradoks merupakan majas yang seolah-olah mengandung pertentangan, tetapi sebenarnya tidak karena objek atau keadaan yang dipertentangkan memang berbeda.
7. Anakronisme
Anakronisme adalah majas yang menunjukkan adanya hal yang tidak mungkin terjadi mengingat perkembangan sejarah ( menyatakan sesuatu yang tidak sesuai dengan zamannya).
e. Majas Perbandingan
1. Asosiasi/perumpamaan
Adalah majas yang memberikan perbandingan terhadap suatu hal yang sudah disebutkan dengan menggunakan kata pembanding, yaitu seperti, bagaikan, laksana, baik.
2. Simile
Adalah majas yang membandingkan dua hal yang hakikatnya berbeda, tetapi dianggap sama dengan menggunakan kata perbandingan secara eksplisit.
3. Metafora
Metafora adalah majas yang membandingkan dua hal karena kesamaan sifat.
4. Alegori
Alegori adalah majas yang memakai perbandingan langsung atau utuh, keduanya bertautan langsung.
5. Personifikasi
Adalah majas yang memberikan perbandingan dengan cara meletakkan sifat-sifat insan (orang) pada benda mati.
6. Tropen
Tropen merupakan majas yang menggunakan kata-kata kias secara tepat atau sejajar dengan sesuatu yang dimaksud.
Dunia informatika akan selalu bersifat dinamis, dalam artian akan selalu berkembang mengikuti jaman. Hal yang paling nampak adalah perkembangan internet. Saat ini semakin banyak bermunculan website-website di dunia maya. Sebagai pengguna tentunya kita sangat sering menggunakan website tersebut.
Ada banyak sekali program-program yang dapat digunakan untuk membuat website tersebut, contohnya : php, dreamwaver, joomla, dan lain lain. Namun dasar dari pemrograman tersebut tetaplah satu yakni HTML.
• Pengertian HTML
HTML atau Hypertext Markup Language merupakan protokol yang digunakan untuk mentransfer data atau dokumen dari web server ke browser kita. Html dirancang untuk digunakan tanpa tergantung pada suatu platform tertentu. Dokumen HTML adalah suatu text biasa, dan disebut sebagai markup language karena mengandung tanda-tanda (tag) tertentu yang digunakan untuk menentukan tampilan suatu teks dan tingkat kepentingan dari teks tersebut dalam suatu dokumen. HTML inilah yang memungkinkan anda menjelajahi internet dan melihat halaman web yang menarik.
Pada dokumen HTML yang termasuk system hypertext, maka dari itu kita tidak harus membaca dokumen tersebut secara urut dari atas kebawah atau sebaliknya. Ciri utama HTML adalah adanya tag dan elemen. Elemen tersebut adalah HEAD yang berfungsi memberikan informasi tentang dokumen tersebut dan BODY yang berfungsi menentukan bagaimana isi suatu dokumen ditampilkan didalam browser.
• Struktur Dasar HTML
HTML (Hypertext Markup Language) merupakan bahasa pemrograman yang digunakan dalam pembuatan halaman web. Dalam penggunaanya sebagian besar kode HTML tersebut harus terletak diantara tag kontainer. Yaitu diawali dengan <namatag> dan diakhiri dengan </namatag> terdapat tanda "/"). Berikut ini adalah kerangka dasar dokumen HTML yang merupakan aturan dari W3 Consortium.
<HTML>
<HEAD>bagian dari head</HEAD>
<BODY>bagian dari body</BODY>
</HTML>
Sebuah halaman web minimal mempunyai empat tag, yaitu :
<HTML>
Sebagai tanda awal dokumen Html.
<HEAD>
Sebagai informasi page header. Didalam tag ini kita bisa meletakkan tag-tag seperti Title, Base, Script, Style, Link dan Meta.
<TITLE>
Sebagai judul halaman. Kalimat yang terletak didalam tag ini akan muncul pada bagian paling atas browser.
<BODY>
Didalam tag ini bisa diletakkan berbagai page atribut seperti warna latar belakang, warna teks, warna link, warna visited link dan lain lain.
Sekian dari saya semoga bermanfaat.
Hai sob, kali ini saya akan membahas tentang apa itu web dan sejarahnya. Mengapa saya bahas tentang ini, karena jangan sampai anda selalu mengakses internet tapi belum tau apa yang dipakai untuk mengaksesnya.
• Pengertian WEB
-Web Science
Web science merupakan salah satu penjabaran dari dua arti yang berbeda, yaitu web dan science. Website atau situs diartikan sebagai kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks, data gambar diam atau bergerak, animasi, suara, video atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink).
Science adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan sumber ilmu pengetahuan yang memberikan manfaat bagi kehidupan manusia dan seluruh isinya. Dengan kata lain, science itu sendiri merupakan kumpulan ilmu pasti yang memberikan makna tersendiri bagi yang mempelajarinya. Web science dapat disimpulkan yaitu segala sesuatu yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan yang diperoleh dari sumber yang akurat dan dapat diunduh dari dunia maya tanpa kita harus menuju ke sumber informasi yang ada. Sehingga memudahkan kita untuk memperoleh informasi.
• Sejarah WEB
- WEB 1.0
Merupakan teknologi web generasi pertama yang merupakan revolusi baru di dunia internet karena telah mengubah cara kerja dunia industri dan media. Pada dasarnya, website yang dibangun pada generasi pertama ini secara umum dikembangkan untuk pengaksesan informasi dan memiliki sifat yang sedikit interaktif.
- WEB 2.0
Istilah web 2.0 pertama kalinya diperkenalkan oleh Reilly Media pada tahun 2004 sebagai teknologi web generasi kedua yang mengedepankan kolaborasi dan sharing informasi secara online. Menurut Tim Reilly, web 2.0 dapat didefinisikan sebagai berikut : web 2.0 adalah revolusi bisnis di industri komputer yang disebabkan oleh penggunaan internet sebagai platform, dan merupakan suatu percobaan untuk memahami berbagai aturan untuk mencapai keberhasilan pada platform baru.
- WEB 3.0
Definisi untuk web 3.0 sangat beragam mulai dari pengaksesan broadband secara mobile sampai kepada layanan web berisikan perangkat lunak bersifat on-demand (Joh07). Namun, menurut John Markoff, web 3.0 adalah sekumpulan teknologi yang menawarkan cara baru yang efisien dalam membantu komputer mengorganisasi dan menarik kesimpulan dari data online.
Sekian dari saya semoga bermanfaat.